selamat datang di blog kami, Blog ini semata dimaksudkan untuk mengembangkan persaudaraan dalam Kasih dan rahmat Tuhan. Semua konten dan isi tidak bermaksud menyinggung masalah sara dan segala perbedaan yang timbul hendaklah disikapi sebagai kebijaksanaan

Selasa, 30 Juni 2009

pilpres

....semakin baiknya sistem demokrasi di Indonesia, belum di imbangi dengan prosedur pelaksanaanya yang dapat dipertanggungjawabkan. Saya tidak tahu, apakah rakyat yang rakus atau pemimpinnya yang terbiasa curang.
Seorang caleg lokal, kenalan saya menyatakan untuk pileg yang lalu menghabiskan dana tidak kurang dari Rp.500.000.000,-.untuk apa biaya sebesar itu ? sebagian besar digunakan untuk dibagi-bagikan kepada konstituen. Kok rakyatnya mau ? yang memilukan justru kalau tidak berlomba membagi-bagikan uang dengan cara apapun maka pupus sudah harapan untuk jadi anggota DPR yang terhormat.
Dengan demikian dapat dibayangkan berapa jumlah biaya pilpres dan pileg ? secara resmi satu putaran pilpres menghabiskan 4 trilyun. Namun angka sebenarnya tentu bisa menjadi empat kalilipatnya. Karena biaya yang tidak resmi justru lebih besar.

Betapa mahal demokrasi kita teman? apalagi uangnya hasil minjam lagi. Jadi Nggak bijaksana dong kalo, kita sia-siakan dengan golput.

Tidak ada komentar: